Worm komputer: definisi, properti, komponen, contoh

Pahami worm komputer
Buka baca cepat

Worm komputer adalah program komputer yang dapat berkembang biak dalam suatu sistem komputer. Jika worm komputer juga terdapat dalam program kecil yang dapat berjalan di sistem operasi komputer atau sistem jaringan komputer, worm komputer dapat mereproduksi dirinya sendiri di salah satu sistem. Worm komputer biasanya memperbanyak dirinya dengan memasukkan programnya sendiri ke dalam program yang ada di komputer. Namun, worm mengeksploitasi kerentanan terbuka, atau yang lebih dikenal sebagai kerentanan
Secara umum, worm komputer tumbuh dan menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan yang dapat merusak file, mencuri dokumen, mengirim email, mendownload, browsing, atau menjalankan bluetooth. Atau melakukan hal-hal lain yang merusak, atau hanya membuat sistem terinfeksi, yang merusak.
Bagaimana cacing komputer bekerja

Worm-komputer-definisi-properti-komponen-contoh

Cacing tidak dapat merusak sistem; worm tidak dapat menghancurkan data atau file sistem

. Worm hanya bertindak sebagai parasit yang tidak merusak sistem komputer secara langsung. Jika worm dibiarkan begitu saja, kinerja komputer secara bertahap akan menurun, dan bahkan jika komputer terus melakukan pekerjaan tambahan, komputer akan rusak.
Baca lebih lanjut: Kerja Sama Multilateral

Jika virus memerlukan intervensi pengguna agar dapat menyebar di sistem dengan menjalankan program atau aplikasi yang sudah terinfeksi virus, worm tidak memerlukan intervensi pengguna. Worm hanya menggunakan jaringan komputer untuk menyusup ke komputer lain yang terhubung ke jaringan.

Jika virus dapat menginfeksi file atau file di sistem komputer, worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain menyebar di dalam suatu sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung ke sistem yang terinfeksi. Beberapa worm juga dapat berisi kode virus yang dapat merusak file, mencuri dokumen, mengirim email, atau melakukan hal merusak lainnya.
Pengaruh cacing komputer

Ketika suatu sistem komputer atau sistem jaringan komputer terinfeksi worm komputer, biasanya komputer tersebut terasa lambat karena seolah-olah komputer tersebut sedang melakukan aktivitas yang berat. Dan ketika sistem jaringan komputer terganggu, konektivitas jaringan menjadi lambat karena worm memenuhi akses jaringan.
Bagaimana mencegah worm komputer

Biasanya, cara efektif untuk mencegah worm

memasuki sistem atau jaringan komputer adalah dengan terus memperbarui sistem operasi komputer dengan versi terbaru. Saat memperbarui sistem operasi, biasanya tersedia untuk pengembang sistem penyerapan seperti Windows atau Mac. Memperbarui paket layanan sistem operasi secara otomatis menutup lubang keamanan yang berpotensi dapat dimasuki oleh worm komputer. Cara ini merupakan cara paling efektif untuk mengatasi atau mencegah masuknya worm komputer.

Jika komputer telah terinfeksi program worm, yang perlu kita lakukan hanyalah memindai dengan program antivirus yang bisa mendeteksi keberadaan worm tersebut. Sebagian besar program antivirus saat ini mendukung penghapusan worm. Contoh program antivirus yang dapat digunakan untuk menghapus worm adalah: AVG, Avira, Kaspersky, Symantec dan banyak lagi lainnya.
Baca lebih lanjut: Distribusi

Karakteristik worm komputer

Di bawah ini adalah beberapa ciri dari worm komputer, diantaranya:

1. Kemampuan memanipulasi

Biasanya cacing dilakukan oleh cacing untuk bertahan hidup. Cacing cenderung mengotak-atik registri sehingga worm tetap aktif saat komputer sedang berjalan, dan bahkan merusak registri antivirus agar tidak memengaruhi siklus hidup worm itu sendiri, tetapi mungkin saja worm tersebut merusak dengan itu dapat melakukan yang tidak tergantung pada tujuannya, seperti. B. menyembunyikan partisi hard drive dll.
2. Kemampuan menerima informasi

Secara umum worm yang baik perlu untuk dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya, seperti: B. jenis sistem operasi yang digunakan, direktori root, direktori sistem. Bahkan worm umumnya memeriksa sistem untuk melihat apakah program anti-virus diinstal atau tidak. Selain itu worm akan mendeteksi antivirus yang terinstal atau tidak.
3. Kemampuan untuk bersembunyi

Biasanya cacing bersembunyi agar bisa bertahan dalam suatu sistem. Biasanya melakukan ini dengan tidak menunjukkan apa pun saat worm berjalan baik secara audio maupun visual, dan bahkan di depan baki sistem dan bahkan di depan jendela daftar tugas

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/