Variasi Orisinal..! Oleh-Oleh Khas Tanggamus yang Paling Populer

Kabupaten Tanggamus sebagai salah satunya wilayah yang sediakan banyak rekreasi yang memancing ketertarikan beberapa pengunjung. Oleh karenanya, kabupaten yang ada di Propinsi Lampung ini ramai didatangi khususnya saat hari liburan. Untuk Anda yang liburan ke wilayah ini janganlah lupa untuk membelikan oleh-olehan untuk keluarga di dalam rumah.

Tanggamus mempunyai beberapa makanan ciri khas yang bisa Anda untuk jadikan oleh-olehan. Makanan ini umumnya tahan sampai tiga hari atau 1 bulan. Anda bisa membeli di toko oleh-olehan, toko frozen food, atau di beberapa warung tepi jalan. Oleh-olehan ciri khas Tanggamus berbentuk makanan dibanderol pada harga yang paling dapat dijangkau.

Oleh-Oleh Khas Tanggamus yang Paling Populer

Selainnya makanan, ada juga beberapa souvenir yang tidak kalah elok dengan beberapa daerah lain di Indonesia. Oleh karenanya, untuk Anda yang ingin atau akan berkunjung Kabupaten Tanggamus wajib buat membaca artikel ini. Berikut ada banyak daftar oleh-olehan ciri khas dari Tanggamus yang direferensikan untuk Anda.

1. Kopi Ulubelu

Propinsi Lampung populer sebagai pemroduksi kopi robusta yang berlimpah. Salah satunya olahan kopi asal Lampung ialah kopi ulubelu. Nama kopi ulubelu diambil dari tempat wilayah pemroduksi kopi in, yaitu berada di Kabupaten Tanggamus. Kopi ulubelu ini populer dengan cita-rasanya yang asam.

Kopi robusta asal Lampung ini berlainan dengan kopi robusta yang lain. Biji kopi ulubelu ini berupa lebih bundar dibanding dengan biji kopi robusta yang lain. Wewangian yang dikeluarkan biji kopi ulubelu ini mempunyai wewangian yang nyaris serupa dengan wewangian coklat.

Kopi ulubelu yang dipasarkan banyak memiliki variasi. Ada variasi orisinal kopi ulubelu, kopi ulubelu lanang, kopi ulubelu gold, dan ada pula kopi ulubelu limited khusus. Kopi ulubelu ini dipasarkan dengan wujud paket yang cukup kekinian. Untuk bawa pulang kopi ini Anda harus keluarkan uang Rp 25.000 per 150 g nya untuk orisinal kopi ulubelu dan Rp 40.000 per 150 g yang gold.

2. Kain Tapis

Bila Anda bertandang ke Propinsi Lampung terutamanya ke Kabupaten Tanggamus tidak prima bila tidak beli kain asli dari Kabupaten Tanggamus ini. Kain tapis sebagai kain asal Kabupaten Tanggamus yang mempunyai supremasi warna emas dan perak dengan bermotifkan hewan atau tumbuhan. Ada pula pola yang lain yang ada di kain tapis ini ibarat pola alam.

Ada beberapa tipe kain tapis, seperti kain tapis cucuk andak yang bermotifkan rumah tangga dan alam, ada tipe kain tapis peminggir dengan pola tumbuhan dan hewan, dan ada kain tapis pepadun. Pembikinan kain tapis ini dilaksanakan oleh beberapa wanita dengan memakai langkah tradisionil dan langkah kekinian. Perlu waktu beberapa minggu bila memakai sistem yang tradisionil.

Nilai jual kain tapis ini berdasar pemakaian kain emas dan perak, usia dari kain itu, dan lama dari penyelesaiannya. Harga kain yang dibikin dengan manual atau tradisionil bisa di pacak harga tujuh sampai beberapa ratus juta. Bila kain tapis dibikin dengan kekinian karena itu harga semakin lebih murah dibanding dengan kain yang dibikin manual.

3. Iwan

Salah satunya oleh-olehan makanan ciri khas Tanggamus yang paling disukai ialah iwan. Iwan mempunyai wujud seperti bakso tapi tidak dibikin dengan memakai daging sapi. Kulineran ini dibikin dengan daging ikan fresh karena Tanggamus berada bersisihan dengan perairan. Kulineran satu ini pas dijadikan oleh-olehan karena gabungan rasa manis dan gurihnya yang membuat suka.

Anda bisa rebus jajan ini sampai masak selanjutnya digabung dengan kuah kaldu atau memakai kuah bakso. Bila Anda ingin makan camilan kering, Anda dapat nikmati iwan yang dimasak sampai gurih. Iwan goreng benar-benar pas dicicipi dengan dicocol sambal atau digabung dengan kuah cuka merah.

Untuk Anda yang ingin beli jajan ini, Anda bisa membeli berbentuk mentang yang dibungkus dalam plastik tebal dan rapat. Anda bisa membeli di beberapa toko frozen food. Anda dapat membeli di warung atau warung tepi jalan. Sebuah iwan dipasarkan pada harga yang paling dapat dijangkau, yakni Rp 500 s/d Rp 1.000.

4. Batik Tanggamus

Kain yang dari Kabupaten Tanggamus rupanya bukan hanya kain tapis saja, tapi ada pula batik Tanggamus. Batik Tanggamus bermotif yang unik berupa biota laut, seperti udang, koral, terumbu karang, dan hewan biota laut yang lain. Batik Tanggamus ini mempunyai nilai yang lumayan tinggi karena pola batik ini memperlihatkan jika negara Indonesia ialah negara maritim.

Batik Tanggamus bermotif yang lain seperti pola kampai yaitu bermodelkan buah tomat kecil atau buah cherry, pola batik sanggi. Batik sanggi ini bermotifkan nuansa pesisir pantai yang sejuk dengan gambar jukung atau perahu ciri khas Lampung, pohon kehidupan, nelayan, dan cadik.

5. Sarung Tanggamus

Sarung memang biasa digunakan oleh orang beragama islam untuk melaksanakan ibadah sholat, namun ada pula sarung yang dibikin sebagai hiasan. Seperti sarung yang dari Kabupaten Tanggamus. Sarung asal Kabupaten Tanggamus ini barusan dirilis di tahun 2020 bulan Juni.

Sebagai keunikan dari sarung Tanggamus ini ialah polanya. Pola dari sarung Tanggamus ini berupa iris ketupat karena ada warna pelangi di tengah sarung Tanggamus ini. Sarang Tanggamus ini dibikin oleh beberapa warga dari Kabupaten Tanggamus.

6. Sale Pisang

Propinsi Lampung populer dengan hasil kebunnya yaitu buah pisang. Satu diantaranya di Kabupaten Tanggamus sebagai tempat produksi dari pisang mas kirana. Pisang yang ditanamkan di Kabupaten

Tanggamus ini memerlukan range waktu sembilan bulan untuk dipanen. Pisang yang dipanen umumnya tidak langsung masak di pohon tapi memakan waktu sampai 4 hari untuk masak.

Pisang-pisang ini jadi produk buatan sebagai oleh-olehan yang bisa Anda membawa pulang bila bertandang ke Kabupaten Tanggamus. Pisang ini dibuat jadi sale pisang. Sale pisang ciri khas Kabupaten Tanggamus ini mempunyai rasa yang manis bila dibanding dengan sale pisang yang lain.

7. Otak-Otak Ciri khas Kota Agung Tanggamus

Otak-otak telah tidak asing untuk didengarkan. Olahan makanan ini dibuat dari material dasar hasil laut. Otak-otak cukup populer di segala penjuru Indonesia ditambah lagi untuk beberapa warga Kota Agung Tanggamus. Kota Agung Tanggamus menjadi satu diantara lokasi yang membuat olahan makanan dengan bahan dasar hasil laut ini.

Otak-otak Kota Agung Tanggamus ini mempunyai rasa yang renyah dengan dagingnya yang halus ditambah lagi wewangiannya yang unik. Otak-otak ini mempunyai rekan cocol berbentuk cuka merah dan bumbu kacang. Anda bisa beli otak-otak ini dengan bayar Rp 1.000 untuk satu otak-otak. Otak-otak ini pas untuk jadi oleh-olehan untuk keluarga di dalam rumah.

8. Bekasam

Oleh-olehan yang dapat Anda membawa pulang bila bertandang ke Tanggamus ialah bekasam. Bekasam ialah olahan makanan yang dari Kota Agung Tanggamus. Bekasam sebagai panggilan yang dipakai untuk produk hasil peragian ikan dengan sistem tradisionil. Dilaksanakan peragian ini mempunyai tujuan supaya ikan bisa bertahan semakin lama sekian hari.

Bekasam bukan hanya untuk Anda menjadikan oleh-olehan saja, tapi bekasam umumnya berperan untuk hidangan dalam upacara tradisi atau penyambutan tamu terhormat. Bila Anda ingin beli dan menjadikan oleh-olehan, Anda bisa menelusurinya di sejumlah lokasi di Kota Agung Tanggamus. Umumnya yang jual bekasam ini ialah beberapa warga lokal.

Lihat Juga:

daihatsulampung.net
sewamobillampung.co.id
rentalmobillampung.co.id
hondamobillampung.co.id
rental mobil lampung