Pengertian Individu, Ciri, Karakteristik dan Menurut Ahli

Definisi individu

pengertian-individu

Secara umum yang dimaksud dengan individu ini adalah organisme tunggal yang hidupnya mandiri dan mandiri secara fisiologis, serta tidak mempunyai hubungan organis dengan orang lain.

Dalam sosiologi pemahaman individu ini merupakan unit terkecil yang membentuk suatu masyarakat yang tidak dapat / tidak dapat dipisahkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dalam hal ini, individu adalah individu yang memiliki kepribadian dan perilaku tertentu serta berperan dalam lingkungan sosialnya.

Secara etimologis, kata “individual” diambil dari bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Yunani “individual”, yang artinya “tidak terbagi”. Istilah tersebut mengacu pada unit yang terkecil dan paling terbatas. Dengan demikian dalam hal ini individu merupakan suatu kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai individu manusia, bukan sebagai manusia seutuhnya.

Menurut H. Hartomo, ada tiga aspek yang melekat dan saling berhubungan, yaitu:

  • Aspek organik fisik
  • Aspe Mental-Spiritual
  • Aspek sosial

Masyarakat merupakan latar belakang keberadaan identitas individu. Dalam perkembangannya individu ini mengalami berbagai bentuk sosialisasi, sehingga dapat mengembangkan 3 (tiga) aspek individu (fisik, organik, psiko-spiritual, sosial) dalam dirinya.

Pahami individu menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu seseorang, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut Martin Luther King Jr.

Konsep individu merupakan satu kesatuan kecil yang tidak dapat dipisahkan, yaitu orang yang hidup mandiri. Individu adalah makhluk ciptaan Tuhan dalam dirinya, senantiasa diberkahi dengan kelengkapan hidup yang meliputi badan, rasa, proporsi dan keharmonisan.

2. Menurut Soediman Kartohadiprodjo

Dalam Soerjono Soekanto, 2003 yang dimaksud dengan individu ini adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan yang dianugerahi kelengkapan hidup yang meliputi raga, ras, dan harmoni. Umbi tunggal merupakan unit terkecil yang membentuk masyarakat.

3. Menurut Abdul Syani (2002: 25)

Kata individu berasal dari bahasa Yunani “individu”, yang berarti unit terkecil yang tidak dapat dibagi.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI yang dimaksud dengan orang adalah orang; orang pribadi (terpisah dari orang lain); organisme yang hidupnya berdiri sendiri, secara fisiologis bebas (tidak memiliki hubungan organik dengan orang lain).

Karakteristik umum individu

Pada dasarnya setiap individu memiliki karakteristik yang unik dan berbeda satu sama lain. Dalam kaitannya dengan pemahaman individu, ciri-ciri individu tercantum di bawah ini, termasuk yang berikut ini:

  • Individu ini memiliki raga atau raga khas yang berbeda satu sama lain, meskipun memiliki ciri umum yang sama dengan manusia.
  • Individu ini memiliki pikiran, perasaan, keinginan dan juga keinginan sehingga ia dapat menentukan realitas, menafsirkan situasi, menentukan tindakan baik dari luar maupun dari dalam.
  • Orang-orang ini memiliki kepribadian dan bakat yang berbeda.
  • Orang-orang ini memiliki perilaku yang unik dan beragam.
  • Individu ini memiliki naluri; Naluri bertahan hidup, naluri memberi makan keturunan, dan naluri mencari kepuasan.
  • Orang ini memiliki karakteristik yang sama dengan orang lain dalam kelompok yang sama.

Karakteristik individu

Manusia adalah individu yang memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda. Menurut John, Donahue, dan Kentle, terdapat 5 ciri individu, diantaranya sebagai berikut:

Keterbukaan untuk mengalami

Ini adalah karakteristik individu yang terbuka terhadap pengalaman baru, baik dalam bentuk ide maupun imajinasi. Secara umum, orang-orang dengan karakter ini lebih menyukai pemikiran yang dalam, kreatif, artistik, dan cerdas, sangat ingin tahu, inovatif, dan sering kali merefleksikan diri.

kesadaran

Ini merupakan ciri khas seseorang yang sangat berhati-hati dan juga penuh pertimbangan saat melakukan suatu tindakan. Secara umum, orang dengan karakter ini memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi, pekerja keras, dapat diandalkan, bertanggung jawab, serta dapat bekerja dengan cermat dan detail.

Neokritisme

Ini adalah sifat seseorang yang terbuka terhadap tekanan dan juga menilai kemampuan seseorang untuk menahan stres.

Ekstraversi

Ini merupakan ciri orang yang terbuka dan nyaman dengan orang lain. Secara umum, orang dengan karakter ini sangat supel, ramah, antusias, mudah bersosialisasi, dan juga tegas.
kesesuaian

Ini adalah karakter individu yang kooperatif dan selalu ingin menghindari konflik terbuka dengan orang lain. Secara umum, orang dengan karakter ini lebih suka menolong, dapat dipercaya, peduli, tidak egois, dan tidak suka argumen.

Oleh karena itu penjelasan pengertian individu, ciri-ciri, ciri-ciri, dan semoga menurut para ahli apa yang sedang dijelaskan dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Sumber :