Ketahui Jenis Puasa dalam Islam

Ketahui Jenis Puasa dalam Islam

Jenis puasa dalam Islam sangat beragam dari puasa wajib hingga puasa sunnah seperti puasa senin kamis dan puasa daud. Berikut informasi seputar puasa Ramadhan yang wajib bagi muslim di bawah ini.

Ketahui-Jenis-Puasa-dalam-Islam

  1. Syarat Puasa

Jenis puasa dalam islam ada namanya puasa sunnah dan nada yang puasa wajib. Puasa wajib bagi umat islam dinamakan puasa pada bulan Ramadhan.

Syarat puasa wajib yang harus dimiliki oleh seorang muslim diantaranya yaitu berakal sehat dan tidak sakit. Anda juga harus beragama islam dan mengetahui awal masuk bulan ramadhan, Anda sudah memasuki usia pubertas dimana sudah wajib berpuasa. Usia pubertas dimulai sejak umur 10 tahun.

  1. Ketentuan Puasa

Puasa Ramadhan diwajibkan bagi yang memiliki kemampuan baik badan dan sudah masuk masa pubertas. Puasa ramadhan juga memberikan banyak keutamaan yang dimiliki jika Anda beribadah puasa di dalamnya.

Selama berpuasa Anda tidak boleh makan dan minum apapun. Jika hal ini dilanggar maka akan menyebabkan puasa Anda menjadi batal.

  1. Pahala Berlipat Ganda

Keistimewaan bulan Ramadhan adalah lebih baik daripada seribu bulan lainnya. Jika Anda beribadah maka akan mendapatkan ganjaran pahala sebanyak seribu kali lipat.

Ibadah yang bisa diamalkan selama ramadhan seperti memperbanyak shalat sunnah, membaca al quran, dan memperbanyak sedekah.

  1. Yang Wajib Berpuasa

Yang memiliki kewajiban berpuasa adalah orang yang sudah melewati masa pubertas. Anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa.

  1. Rukun Islam

Puasa pada bulan Ramadhan merupakan rukun islam yang ketiga. Rukun islam harus dipenuhi untuk menyempurnakan ibadah seorang muslim dan jika ditinggalkan akan berdosa.

Puasa wajib tidak boleh dibatalkan jika tidak dalam kondisi sesuai syariat. Hal ini diatur dalam agama supaya tidak mudah bagi seseorang membatalkan puasa yang sedang dijalankannya.

Ya, rukun Islam sifatnya wajib, misalnya dalam menjalankan puasa Ramadhan. Untuk beberapa jenis puasa lain, hukumnya adalah sunnah.

Jenis puasa dalam Islam sangat banyak dan bisa Anda kerjakan satu persatu untuk mengejar pahala berlipat yang bisa diperoleh.