Cara Memperbaiki File Corrupt Di Laptop atau PC

ptnnt.co.id – Bagi anda yang menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi windows tentunya pernah menjumpai masalah file corrupt. Karena salah satu masalah yang biasanya terjadi pada sistem operasi Windows adalah munculnya file yang corrupt atau rusak.

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, jangan panik. Karena cara memperbaiki file corrupt ini sangatlah mudah. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa ciri-ciri file corrupt adalah datanya tidak bisa diakses atau dibuka.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki file yang rusak yang bisa Anda gunakan. Dari tidak menggunakan aplikasi tambahan, hingga menggunakan aplikasi tambahan. Penasaran dengan cara apa saja yang bisa Anda coba untuk memperbaiki file yang rusak? Langsung saja simak cara-caranya berikut ini.

Cara Memperbaiki File Corrupt Di Laptop atau PC

Cara Memperbaiki File Corrupt

Nah, cara yang saya sarankan di bawah ini tidak mempengaruhi file selain Windows itu sendiri atau teman Anda, sehingga dokumen, musik, atau file lain Anda akan tetap aman di tempatnya.

Bagi yang sudah penasaran bagaimana cara memperbaiki file yang rusak atau hilang di laptop Windows 7 8 dan Windows 10, langsung saja simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Menggunakan CMD

Buka prompt perintah dengan hak administrator. Caranya ketikkan CMD di start menu lalu klik kanan pada opsi Command Prompt lalu klik Run as administrator.

Kemudian klik tombol Ya ketika kotak dialog Kontrol Akun Pengguna muncul.

Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut dan kemudian klik Enter.

Kemudian DISM.exe akan mulai memindai file sistem Windows. Jika kesalahan ditemukan, DISM.exe segera memperbaiki file. Setelah selesai, akan muncul pesan “Restore Completely Successfully” akan muncul. Setelah berhasil menjalankan perintah di atas, silahkan masukkan perintah berikut lalu klik Enter.

Biasanya memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah menjalankan perintah di atas dengan sukses, restart komputer Anda.

  1. Menggunakan perintah Chkdsk.

Cara kedua ini hampir mirip dengan cara sebelumnya yaitu menggunakan Command Prompt untuk memperbaiki file yang corrupt di PC. Intinya yang membedakan adalah apa yang akan digunakan.

Karena perlu anda ketahui bahwa salah satu penyebab file corrupt adalah bad sector pada media penyimpanan yang anda gunakan. Oleh karena itu, kami perlu melakukan pemeriksaan disk untuk mengatasi masalah tersebut. Penasaran bagaimana? Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, buka Command Prompt dengan cara klik Windows Key + R, lalu ketik cmd dan klik Enter.
  • Jika terbuka dengan benar, ketik chkdisk.
  • Langkah terakhir Klik “Enter” untuk memulai scan disk.
  • Setelah itu, proses scan dan repair harddisk akan berjalan secara otomatis.
  1. Melalui flash disk

Jika Anda memiliki flash drive tetapi ada data yang rusak di flash drive, tidak perlu khawatir. Karena masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah. Cukup ikuti langkah-langkah ini untuk menyelesaikan file yang rusak pada flash drive.

  • Langkah pertama adalah menghubungkan flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Kemudian buka File Explorer dan klik kanan pada flashdisk.
  • Setelah itu pilih opsi properti.
  • Selanjutnya, buka tab “Alat”.
  • Selanjutnya, klik tombol “Periksa”.
  • Kemudian klik Perbaiki Drive.
  • Selesai, drive Anda telah berhasil dipindai.

Suber: ppklkemenkop.id