Yogurt adalah: proses, kekuatan, bahan, alat dan metode

Pahami yogurt
Buka baca cepat

Yogurt merupakan produk susu yang menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles. Bakteri ini memiliki kemampuan untuk memfermentasi susu menjadi asam laktat (lactic acid). Kemampuan bakteri Lactobacillus dan Streptococusini dalam memfermentasi susu digunakan sebagai dasar pembuatan yogurt. Untuk mendapatkan yogurt dengan kualitas yang baik Anda membutuhkan susu yang berkualitas baik. Susu berkualitas baik ini berasal dari hewan yang sehat, memiliki bau susu yang normal dan tidak tercemar. Susu yang digunakan untuk membuat yogurt umumnya adalah susu murni, susu bubuk, atau susu kental manis.

Yogurt-adalah-proses-kekuatan-bahan-alat-dan-metode

Cara produksi yoghurt berbeda-beda, namun umumnya fermentasi yoghurt diawali dengan penambahan kultur starter yaitu campuran bakteri penghasil asam yaitu Lactobacillus dan Streptococcus thermohilus, pada saat susu dipanaskan. Produksi benih yogurt dilakukan secara bertahap. Pertama, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus masing-masing dibudidayakan secara terpisah dalam susu. Setelah diolah, itu dicampur. Inkubasi atau fermentasi yogurt dapat dilakukan selama 24 jam pada suhu 37 ° C atau 3-4 jam pada suhu yang lebih tinggi yaitu 45 ° C.Selama proses fermentasi yogurt, bakteri asam laktat mengubah gula susu (laktosa) menjadi asam laktat dan lainnya. asam sehingga susu menjadi asam dan memiliki rasa yang khas. Selama penyimpanan, yogurt terus menurunkan pH. Menyimpan yogurt pada suhu yang lebih tinggi mempercepat penurunan pH.
Baca lebih lanjut: Menjadi wiraswasta

Proses pembuatan yogurt

Proses pembuatan yogurt

Tahapan dalam proses pembuatan yogurt adalah pemanasan, pendinginan, dan pengeringan. Jika yogurt yang akan dikonsumsi dalam bentuk yogurt berasa, tahap proses dilanjutkan dengan penambahan gula sebagai pemanis dan penyedap rasa, pengemasan dan pembekuan.

Pemanasan

Pemanasan ini bertujuan untuk membunuh mikroba yang ada dalam susu seperti Mycobacterium tubercolis, micrococci, dll, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri starter. Selain itu juga untuk mengurangi kandungan air pada susu, sehingga pada akhirnya anda mendapatkan yogurt dengan konsistensi yang cukup padat.

Pemanasan susu ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: Susu dipanaskan dengan suhu tinggi (di bawah titik didih) selama beberapa waktu hingga volumenya berkurang menjadi 2/3 dari volume asli susu. (pemanasan tidak mendidih).

Susu dipanaskan menggunakan kombinasi suhu dan waktu sebagai berikut:

85 ° C – 90 ° C selama 10-15 menit

80 ° C – 85 ° C selama 15-20 menit

pendinginan

Proses ini bertujuan untuk menciptakan kondisi optimal bagi bakteri starter. Pendinginan berlangsung hingga suhu 50-55 oC. Setelah mencapai suhu, 2-3% dari jumlah susu ditambahkan.

Penyembuhan atau inkubasi

Pengawetan dapat dilakukan pada suhu 37 ° C selama 24 jam atau dalam inkubator pada suhu 45 ° C selama 4 hingga 6 jam. Inkubasi dihentikan ketika keasaman 4 sampai 4,5 tercapai. Setelah pematangan ini, biasanya yoghurt dapat dikonsumsi langsung sebagai yoghurt alami.
Manfaat yogurt

Yogurt umumnya tidak kalah dengan susu dalam hal kandungan nutrisinya. Ini karena bahan dasar dalam yogurt adalah susu. Bahkan ada beberapa manfaat yogurt yang tidak dimiliki oleh susu murni, yaitu:

Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif terhadap susu (yang bercirikan diare) karena laktosa yang terkandung dalam susu biasa telah disederhanakan selama fermentasi yoghurt.
Bila diminum secara teratur, bahkan bisa menghambat kolesterol darah, karena yogurt mengandung bakteri lactobacillus. Lactobasillus menghambat pembentukan kolesterol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan, seperti jeroan atau daging.
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh kita karena yogurt mengandung banyak bakteri baik di dalamnya, sehingga bakteri jahat dalam susu kita otomatis seimbang.

Baca lebih lanjut: Transpor Aktif
Bahan yang dibutuhkan

Alat dan bahan pembuatan yogurt

Di bawah ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat yogurt:

Susu UHT / susu murni
Bahan utama pembuatan yogurt adalah susu. Susu ini bisa dalam bentuk susu cair langsung, namun yang perlu diperhatikan susu yang digunakan harus susu putih.
Penambah rasa seperti strawberry, jeruk, sirup (tergantung selera)

Alat yang digunakan

Di bawah ini adalah beberapa alat yang digunakan untuk membuat yogurt

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/