Google menekankan bahwa Tensor G2 menggunakan chipset 5nm

Google menekankan bahwa Tensor G2 menggunakan chipset 5nm

Google menekankan bahwa Tensor G2 menggunakan chipset 5nm
Google baru-baru ini meluncurkan ponsel seri Pixel 7. Ponsel ini menampilkan chipset Tensor G2 dan Google telah mengklarifikasi bahwa prosesor ini menggunakan node 5nm.

Google menekankan bahwa Tensor G2 menggunakan chipset 5nm

Pekan lalu, Google mengumumkan kehadiran seri Pixel 7 dengan chipset Tensor G2. Peluncuran yang sangat dinanti ini memiliki beberapa detail seputar chipset buatan sendiri, tetapi kesalahannya adalah bahwa itu didasarkan pada proses 4nm Samsung. Ini mungkin tidak terlepas dari rumor sebelumnya bahwa chip Tensor generasi kedua akan dibangun pada proses 4nm. Google kini telah mengklarifikasi bahwa Tensor G2 sebenarnya menggunakan teknologi proses 5nm.

Seorang juru bicara Google telah mengkonfirmasi bahwa Tensor G2 didasarkan pada proses 5nm, Otoritas Android melaporkan di Gizmochina. Eksekutif lebih lanjut mengumumkan bahwa chip tersebut dirancang khusus untuk kasus penggunaan dunia nyata dengan peningkatan kinerja dan efisiensi daya. Pendekatan ini juga memungkinkan Google untuk menambahkan fitur baru sambil mengambil langkah maju dalam pembelajaran mesin dengan TPU dan G2 generasi berikutnya.

Jadi Tensor G2 sebenarnya adalah chip dengan basis manufaktur 5nm. Namun, Google belum secara resmi mengungkapkan proses dan pabrikan pasti dari node tersebut. Namun, tidak ada keraguan bahwa Samsung adalah mitra utama Google. Ada dua node proses 5nm pada peta jalan Samsung, 5LPE yang digunakan oleh Tensor asli dan 5LPP generasi berikutnya. Saat ini tidak jelas proses node mana yang digunakan Tensor G2.

Ini mungkin mengejutkan karena proses saat ini yang digunakan pada prosesor unggulan seperti Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 adalah proses 4nm. Pengurangan ukuran ini berpotensi membuat prosesor 4nm lebih bertenaga daripada chip 5nm. Prosesor generasi berikutnya diharapkan bermigrasi ke proses 3nm dengan peningkatan kinerja dan konsumsi daya.

Sumber :