Surat penghentian: definisi, metode, format, istilah

Pengertian surat pengunduran diri
Baca cepat Buka

Surat pengunduran diri adalah jenis surat yang ditulis untuk memberitahukan bahwa ia akan meninggalkan pekerjaannya, baik di instansi swasta maupun di kantor pemerintah. Ini adalah hak karyawan untuk meninggalkan pekerjaan. Sebagian besar latar belakang seorang karyawan yang, misalnya, meninggalkan topik gaji kecil, tidak menganggapnya cocok untuk lingkungan kerja, berpendapat bahwa ia bosan dengan pekerjaannya saat ini dan ingin mengalami pekerjaan baru. di tempat lain, tidak akan dipromosikan dan sebagainya.
Bagaimana cara membuat surat pemutusan hubungan kerja?

Surat-penghentian-definisi-metode-format-istilah

Ada beberapa cara untuk menulis surat pengunduran diri, sebagai berikut:

Alasan penghentian

Jika seorang karyawan atau karyawan ingin keluar dari perusahaan, pasti ada alasannya. Dalam pengambilan surat pemutusan hubungan kerja akan lebih kokoh dan terpelihara jika surat tersebut disertai dengan alasan yang logis. Namun, alasan yang dikemukakan harus melindungi pandangan perusahaan.

Pendaftaran surat pengunduran diri

Karena merupakan surat dinas, maka surat pemberhentian tersebut harus dicatat sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan, bentuk pencatatannya terdiri dari pembukaan, isi dan penutup.
Baca Juga : Down Syndrome

Penyerahan surat pengunduran diri 30 hari yang lalu

Sebagaimana diatur dalam Pasal 162 Undang-Undang 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, surat pemberhentian didaftarkan paling lambat 30 hari sejak tanggal pemutusan hubungan kerja.

Membuat kesan yang baik

Jika Anda ingin berhenti, sebaiknya Anda bertemu langsung dengan manajemen dan menyampaikan alasan pengunduran diri Anda. Namun, latar belakang harus sopan dan tidak mengganggu perusahaan.
Format penulisan surat pemutusan hubungan kerja

Ada beberapa format penulisan surat pengunduran diri, yaitu sebagai berikut:
1. Nama dan tanggal kota

Biasanya pencantuman nama kota dan tanggal ada di pojok kanan atas. Saat memasukkan nama tempat harus diawali dengan huruf kapital, pemisah antara nama tempat dan tanggal adalah koma dan ditutup tanpa titik.
2. Nama dan alamat tujuan

Surat pengunduran diri biasanya ditujukan kepada staf HRD atau langsung kepada direktur. Jika ditujukan kepada direktur, itu harus didaftarkan dan diberi hak. Hindari mencantumkan kata “locally”, tentu lebih baik jika disertakan dengan nama kota.
3. Salam

Serupa dengan jenis surat lainnya, seperti pencatatan surat pengunduran diri, harus diikuti dengan pesan ucapan selamat.
4. Alasan penghentian

Formulir ini sedikit rumit untuk mendaftar, tetapi jika Anda ingin membatalkan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat jika tidak ada latar belakang yang diberikan, tetapi perusahaan mungkin keberatan dengan pembatalan Anda.
5. Tulis tanggal pembatalan

Catat tanggal kepergian Anda agar benar-benar keluar dari perusahaan dan perusahaan memiliki pengganti.
6. Ucapan Terima Kasih

Anda bisa mengucapkan terima kasih karena telah menghormati sutradara. Anda juga dapat mengucapkan terima kasih atas perlakuan yang baik selama bekerja atau terima kasih karena surat Anda diterima dengan baik oleh staf dan direktur.
7. Maaf

Bahkan jika Anda menganggap Anda tidak melakukan kesalahan apa pun dengan perusahaan, pastikan Anda meminta maaf secara konsisten. Karena bisa jadi Anda memiliki bug yang tidak ditemukan.
Baca lebih lanjut: Memahami koordinasi

8. Salam terakhir

Sapaan yang digunakan harus mirip dengan pengumuman pembukaan. Seperti ketika Anda memakai assalamualaikum, itu juga harus menggunakan nama.
9. Nama dan tanda tangan

Nama dan tanda tangan penulis surat pengunduran diri diperlukan karena surat ini termasuk dalam surat resmi, terutama jika ada perusahaan yang mengharapkan penulis surat untuk mencapnya untuk keperluan administrasi. Umumnya tanda tangan ini berada di kanan bawah atau relatif terhadap tanggal surat itu ditulis.
Persyaratan sebelum menulis surat pengunduran diri

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum menyusun surat pengunduran diri atau pemberhentian. Berikut adalah beberapa syarat dan aturan yang baik saat menulis surat pengunduran diri:

Isi surat harus singkat, jelas dan tidak panjang (menyesuaikan dan fokus pada tujuan dan isi pemutusan).
Berikan alasan yang baik untuk meninggalkan perusahaan
Terima kasih kepada perusahaan, manajemen dan karyawan lain yang akan meninggalkan Anda. Karena bagaimanapun juga, di perusahaan Anda memiliki Anda

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/