Pulau Menjangan: harga tiket penyeberangan, lokasi, paket wisata

Berlibur di Banyuwangi tanpa mengunjungi Pulau Menjangan rasanya kurang lengkap. Mungkin popularitas pulau ini jauh di bawah tanggul Bali dan Lombok.

Pulau Menjangan: harga tiket penyeberangan, lokasi, paket wisata

Namun dari segi potensi wisata dan kekayaan biota lautnya tentu saja setara dengan gili yang terkenal di Indonesia.

Pulau-Menjangan-harga-tiket-penyeberangan-lokasi-paket-wisata

Pulau kecil ini menawarkan pemandangan laut seindah Hawaii. Ada banyak spot strategis untuk snorkeling dan diving di pulau cantik ini.

Kemudian garis pantai yang luas dan landai menjadikan pulau ini ideal untuk bermain air, pasir atau berenang seperti di Gili Meno.

Gelombang laut biasanya tenang dan arus lautnya rendah. Tentunya hal ini menjamin keamanan bagi siapa saja yang ingin berenang.

Sekilas tentang Pulau Menjangan

Pulau ini sering menjadi tujuan wisata yang sama dengan Pulau Tabuhan karena jarak keduanya yang berdekatan. Keduanya juga terletak di Selat Bali. Hanya saja letak kedua pulau tersebut secara administratif berbeda.

Pulau Tabuhan termasuk wilayah Kabupaten Banyuwangi sedangkan pulau ini termasuk wilayah Bali. Pulau Menjangan menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Karena keindahannya, pulau ini mendapat julukan Pulau Dewata.

Nama “Hirsch” sendiri berarti rusa jantan atau rusa. Pasalnya, pada waktu-waktu tertentu dalam setahun rusa liar berenang menuju pulau ini. Tak heran wisatawan masih bisa menemukan rusa liar di pulau ini.

Meski dipisahkan oleh selat, pulau kecil ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Hampir seluruh wilayah pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan alami, terutama alam bawah lautnya yang masih sangat asli.

Sayangnya kami tidak memiliki banyak informasi tentang pulau ini. Informasi yang beredar sebenarnya dari wisatawan asing yang senang menyelam di sini.
Harga tiket wisata pulau menjangan

Tiket masuk tempat wisata terkenal di Banyuwangi ini cukup murah. Harga tiket ini belum termasuk biaya asuransi dan biaya lainnya termasuk diving, snorkeling, dll.

Ada juga biaya paket wisata yang ditentukan oleh pengelola wisata. Tentunya biaya paket wisata yang berlaku untuk wisatawan domestik dan wisatawan asing berbeda.

Silakan merujuk ke daftar update harga tiket, biaya asuransi dan biaya paket wisata berikut untuk lebih jelasnya:
Pembalasan Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 15,000.00 per orang
Tiket masuk turis internasional Rp 200.000 per orang
Biaya asuransi Rp 4.000.00 per orang
Paket wisata Rp 750.000,00

Untuk informasi Anda: Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Tarif juga dapat meningkat dalam kondisi tertentu. Biasanya secara otomatis meningkat selama musim liburan utama dan juga pada akhir pekan.

Kemudian diambil keputusan oleh pengelola Kelompok Nelayan Banyumandi khusus untuk biaya paket wisata diatas. Mereka memiliki kewenangan untuk mengelola potensi wisata di pulau ini.

Tentu menjadi ide cemerlang jika anggota kelompok nelayan ini juga mengoptimalkan potensi lain yang ada di pulau ini selain pariwisata. Misalnya menjual souvenir khas Banyuwangi dan khas Bali.

Ide ini tentu akan turun dengan baik mengingat tidak ada pusat oleh-oleh/cinderamata di sini.
Atraksi di Pulau Menjangan

Dari segi daya tarik, pulau yang terletak di dekat pantai Lovina ini memiliki daya tarik tersendiri berupa kekayaan biota laut yang melimpah.

Tak heran jika banyak wisatawan yang ingin mencoba wall diving memuaskan rasa penasaran mereka akan kekayaan kuman laut ini.

Namun, perlu diingat bahwa wall diving ini hanya dapat dilakukan oleh penyelam profesional dan bersertifikat. Hanya penyelam dengan keterampilan menyelam yang sangat baik yang diperbolehkan melakukan wall dive.

Menyelam di dinding sangat menantang dan membutuhkan keterampilan yang andal untuk menyelam dengan benar dan aman.

Sementara menurut situs resmi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, tebing bawah laut di pulau ini membentang 20 hingga 60 meter dalam posisi vertikal.

Masih di kawasan laut dalam ada atraksi lain yang tak kalah menarik yaitu Coral Garden. Seperti namanya, tempat ini seperti taman bawah laut dengan flora dan fauna laut.

Objek wisata terakhir adalah Sandy Slope. Situs ini terbentuk dari longsoran bebatuan tua.

Longsoran karang ini seperti sebutir pasir yang tumpah di perairan dangkal. Hasilnya adalah akuarium alami dengan air sebening kristal.
Fasilitas Pulau Menjangan

Pulau yang juga menjadi habitat rusa liar ini memiliki sejumlah

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja