Pengertian Suku, Ciri, dan Macamnya Menurut Para Ahli

Definisi bagasi

pengertian-suku

Konsep etnisitas adalah sekelompok kelompok sosial yang ada dalam masyarakat dan berfungsi untuk membedakan satu kelompok dari yang lain. Biasanya masing-masing strain tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Suku juga dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang terikat dengan sistem budaya masyarakat tertentu. Berikut ini dijelaskan pentingnya suku tersebut, yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli, untuk lebih jelasnya.

Pengertian suku menurut para ahli

1. Setelah Frederick Barth

Menurutnya, etnis adalah perkumpulan masyarakat yang memiliki atau memiliki kesamaan dalam hal ras, agama, asal-usul kebangsaan dan juga sama-sama terikat pada nilai-nilai budaya tertentu.

2. Menurut Hasan Shadily MA

Menurutnya, suku adalah sekelompok orang yang diyakini memiliki atau memiliki hubungan biologis.

3. Menurut Koentjaraningrat

Menurutnya, konsep suku adalah sekelompok orang yang secara sadar menyatu dengan budaya lokal dan biasanya berkomunikasi dalam bahasa yang sama.

4. Menurut Raroll

Menurutnya, suku merupakan kelompok manusia yang mengidentifikasikan satu sama lain, biasanya berdasarkan garis keturunan yang sama. Suatu kelompok dapat dikenali sebagai suatu suku bangsa jika mempunyai ciri-ciri tersendiri baik dari segi budaya, bahasa, agama, tingkah laku atau ciri biologisnya.

5. Menurut ensiklopedia Indonesia

Menurut ensiklopedia Indonesia, konsep etnisitas adalah suatu kelompok sosial yang memiliki atau mempunyai kedudukan tertentu berdasarkan faktor keturunan, adat istiadat, agama, bahasa, dll. Biasanya setiap anggota suku memiliki kesamaan dalam hal sejarah, bahasa, adat istiadat dan tradisi.

Fitur kesukuan

Di bawah ini adalah salah satu ciri suatu suku yang membedakan satu suku dengan suku lainnya, antara lain:

1. Perbedaan sifat fisik

Perbedaan dari ciri fisik ini adalah ciri pertama yang membedakan satu suku dengan suku lainnya. Setiap suku biasanya memiliki ciri fisik tersendiri yang membedakannya dengan suku lainnya. Misalnya saja seperti orang Jepang yang memiliki warna kulit zaitun. Sebagian besar kelompok Afrika berkulit hitam.

2. Perbedaan bahasa

Masing-masing suku ini memiliki cara bahasanya masing-masing, baik itu bahasa nasional maupun bahasa tradisional. Tak hanya itu, masing-masing suku ini biasanya memiliki cara bicara (aksen) sendiri-sendiri juga. Karenanya, kita dapat membedakan etnis seseorang dari jenis bahasa atau aksen yang mereka gunakan saat berbicara.

3. Perbedaan budaya

Selain berbeda baik secara tampilan fisik maupun bahasanya, setiap suku juga memiliki budayanya masing-masing yang menjadi salah satu ciri khas masing-masing suku. Misalnya, budaya suku di India secara alami berbeda dengan budaya suku di Eropa. Kita bisa melihat perbedaan budaya tersebut dari segi adat istiadat, kesenian, dll.

4. Memiliki ruang tamu

Adapun di Indonesia saat ini, setiap daerah mungkin memiliki penyebaran yang banyak dari masing-masing suku, namun tetap saja setiap suku memiliki wilayah pemukiman sendiri-sendiri. Misalnya Suku Batak yang bermukim di Pulau Sumatera, Suku Toraja yang bermukim di Sulawesi, dan lain-lain.

Sumber :