Pengertian pemeliharaan: tujuan, fungsi dan jenis

Definisi pemeliharaan
Buka baca cepat

Istilah pemeliharaan berasal dari kata Yunani t. Artinya merawat, merawat dan merawat.

Pemeliharaan terdiri dari beberapa elemen berupa peralatan (mesin), penggantian komponen atau suku cadang (material), biaya pemeliharaan (nilai), rencana kegiatan pemeliharaan (metode), dan pelaku pemeliharaan. Sistem.

Pemeliharaan adalah pemeliharaan fasilitas dan peralatan dengan jadwal yang ditetapkan agar selalu tersedia untuk produksi yang efisien dan efisien berdasarkan standar (fungsi dan kualitas) dari suatu rangkaian kegiatan.
Tujuan pemeliharaan

Pengertian-pemeliharaan-tujuan-fungsi-dan-jenis

Pemeliharaan tujuan

Memperluas kegunaan aset.

Memastikan ketersediaan optimal peralatan yang dipasang untuk produksi dan mencapai pengembalian investasi semaksimal mungkin.
Memastikan kesiapan operasional untuk semua perangkat yang dibutuhkan dalam keadaan darurat.
Untuk memastikan keamanan mereka yang menggunakan fasilitas ini.
Kapasitas produksi dapat memenuhi kebutuhan Anda sesuai dengan rencana produksi.
Kami menjaga kualitas pada tingkat yang sesuai dengan produk itu sendiri dan persyaratan untuk produksi yang tidak terganggu.
Pengurangan penggunaan dan pengalihan yang tidak dapat diakses serta pemeliharaan modal yang diinvestasikan.
Mencapai tingkat biaya perawatan serendah mungkin melalui pekerjaan perawatan yang efektif dan efisien.
Hindari pekerjaan pemeliharaan yang dapat membahayakan keselamatan operator.
Menetapkan keselarasan yang erat dengan fungsi utama perusahaan untuk mencapai tujuan utama perusahaan: laba atas investasi tertinggi dan total biaya terendah.

Baca lebih lanjut: Memahami Vaksin
Fungsi pemeliharaan

Pemeliharaan fungsi

Mesin produksi perusahaan dapat digunakan dalam waktu yang lama.
Proses produksi di perusahaan terafiliasi berjalan lancar.
Anda dapat menghindari diri sendiri atau meminimalkan kemungkinan kerusakan serius pada mesin dan peralatan manufaktur selama proses pembuatan.
Karena peralatan produksi yang digunakan dapat beroperasi dengan stabil dan memuaskan, proses dan proses pengendalian kualitas juga harus dilakukan dengan baik.
Hindari kerusakan yang sering terjadi yang disebabkan oleh mesin bekas dan fasilitas produksi.
Jika mesin dan fasilitas produksi bekerja dengan baik, maka asupan bahan baku akan berhasil.
Kelancaran penggunaan mesin dan perangkat produksi kami sendiri telah meningkatkan kapasitas pemuatan mesin dan perangkat produksi yang ada.

Jenis perawatan

Berikut ini adalah jenis-jenis perawatannya, antara lain:
1. Pemeliharaan terencana

Perawatan direncanakan

Pemeliharaan terencana merupakan kegiatan pemeliharaan yang dilakukan sesuai dengan rencana semula. Rencana pemeliharaan ini berkaitan dengan sejumlah proses produksi.

Pemeliharaan yang direncanakan terdiri dari:

Pemeliharaan preventif adalah pemeliharaan yang dilakukan menurut kriteria tertentu dalam kurun waktu tertentu atau dalam tahapan proses produksi yang berbeda. Tujuannya agar produk yang dihasilkan memenuhi rencana kualitas, biaya, dan ketepatan waktu.
Perawatan rutin adalah perawatan yang dimaksudkan untuk mencegah kerusakan dan dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Perawatan jendela didasarkan pada pengalaman, data historis, atau rekomendasi dari pembuat mesin yang relevan.
Pemeliharaan prediktif. Ini adalah strategi pemeliharaan dan implementasinya didasarkan pada keadaan mesin itu sendiri. Pemeliharaan prediktif juga dikenal sebagai pemeliharaan berbasis kondisi. Juga dikenal sebagai pemantauan kesehatan mesin. Dengan kata lain, Anda harus memeriksa mesin Anda secara teratur untuk melihat kesehatan mesin Anda, seberapa andal, dan seberapa aman itu bekerja.

Baca lebih lanjut: Pengembangan Siswa
2. Pemeliharaan yang tidak terencana

Pemeliharaan tidak terencana

Pemeliharaan tidak terjadwal adalah pemeliharaan yang dilakukan berdasarkan petunjuk dan petunjuk bahwa terdapat tahapan dalam aktivitas proses produksi yang tiba-tiba menimbulkan hasil yang tidak tepat.

Dalam hal ini, pekerjaan perawatan mesin harus dilakukan tanpa perencanaan.

Pemeliharaan yang tidak terencana ini terdiri dari:

Perawatan darurat merupakan aktivitas perawatan mesin yang membutuhkan tanggap darurat untuk menghindari konsekuensi yang lebih serius.
Perbaikan kerusakan adalah perbaikan yang terjadi ketika peralatan rusak dan memerlukan perbaikan segera atau perawatan prioritas.
Pemeliharaan kolektif adalah pemeliharaan yang dilakukan karena hasil produk (produk setengah jadi dan jadi) tidak sesuai rencana baik dari segi kualitas, biaya maupun ketepatan waktu. Contoh: Bila kualitas / bentuk produk salah

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/