Konsep Dasar Informasi

Konsep Dasar Informasi

Konsep-Dasar-Informasi

Dalam organisasi sangat penting dalam mengelola sumber daya utama seperti tenaga kerja dan bahan baku, namun saat ini informasi juga menjadi sumber daya yang tidak kalah pentingnya, harus dikelola. Pengambil keputusan memahami bahwa informasi bukan hanya produk sampingan dari bisnis yang sedang berjalan, tetapi juga sebagai pengisi bisnis dan faktor penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu bisnis. Informasi seperti darah yang mengalir di tubuh suatu organisasi. Sehingga informasi merupakan salah satu bentuk sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manajer untuk mengendalikan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Informasi merupakan proses lanjutan dari data yang sudah memiliki nilai tambah. Informasi ibarat darah yang mengalir dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting dalam peran dan posisinya dalam suatu organisasi. Sistem yang kekurangan informasi akan menjadi lamban.

Ada beberapa definisi, diantaranya:

Data tersebut diolah menjadi bentuk yang lebih bermanfaat dan lebih bermakna bagi yang menerimanya.

Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu situasi atau peristiwa, misalnya informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan meningkat. Akan mengurangi ketidakpastian tentang apakah suatu investasi akan dilakukan.

Data terorganisir untuk membantu memilih beberapa tindakan yang akan dilakukan atau tidak.

Informasi dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:

Informasi strategis

Informasi ini digunakan untuk mengambil keputusan jangka panjang, termasuk informasi eksternal, rencana ekspansi perusahaan dan lain sebagainya.

Informasi Taktis

Informasi ini diperlukan untuk mengambil keputusan jangka menengah, seperti informasi tren penjualan yang dapat digunakan untuk menyusun rencana penjualan.

Informasi Teknis

Informasi tersebut diperlukan untuk kebutuhan operasional sehari-hari, seperti informasi persediaan stok, retur penjualan dan laporan kas harian.

Ada 4 tes untuk menjelaskan pesan tertentu dalam informasi:

Kepada siapa (pengambil keputusan) informasi diarahkan?

Untuk keputusan spesifik apa informasi ditujukan?

Sejauh mana informasi dapat digunakan untuk mendeteksi dan memecahkan masalah?

Sampai sejauh mana (kapan) tingkat pengambilan keputusan?

Untuk memperoleh informasi yang berguna bagi penerimanya, perlu dijelaskan bagaimana siklus tersebut terjadi atau dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Pertama-tama data dimasukkan ke dalam suatu model yang umumnya mempunyai urutan proses tertentu dan pasti, setelah diproses akan menghasilkan informasi tertentu yang berguna bagi penerimanya (level management). Sebagai dasar untuk mengambil keputusan atau mengambil tindakan tertentu, dari keputusan itu nantinya akan dimasukkan ke dalam model (proses) dan sebagainya. Dengan demikian maka akan terbentuk suatu siklus informasi atau (siklus informasi). Kualitas informasi (quality of information) sangat dipengaruhi atau ditentukan oleh 6 hal, yaitu:

Relevan

Berarti informasi harus memberikan manfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk setiap orang berbeda satu sama lain. Misalnya informasi mengenai penyebab kerusakan mesin produksi kepada akuntan perusahaan kurang relevan dan akan lebih relevan jika ditujukan kepada teknisi perusahaan.

Akurat

Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan, dan harus dengan jelas mencerminkan maksudnya. Ketidakakuratan dapat terjadi karena sumber informasi (data) diganggu atau sengaja merusak atau mengubah data yang dihasilkan.

Tepat waktu

Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (digunakan), informasi yang digunakan tidak memiliki nilai yang baik, sehingga jika digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan akan berakibat fatal atau kesalahan dalam pengambilan keputusan dan tindakan. Kondisi ini menyebabkan tingginya nilai informasi, sehingga kecepatan untuk memperoleh, mengolah dan mengirimkannya membutuhkan teknologi terkini.

Ekonomis

Tingkat sumber daya apa yang diperlukan untuk informasi dalam pemecahan masalah?

Efisien

Tingkat sumber daya apa yang diperlukan untuk setiap unit keluaran informasi?

Bisa dipercaya

Baca Juga :