Formasi Terbaik Top Eleven 2022 yang Bisa Kamu Terapkan

Sukses menjadi manajer di game Top Eleven tentunya harus punya strategi yang matang. Salah satu yang harus kamu miliki adalah formasi terbaik untuk diterapkan dalam tim. Karena itu, kamu perlu memilih formasi terbaik Top Eleven.

Setidaknya, kamu perlu memiliki tiga atau empat formasi berbeda untuk bisa tampil konsisten. Pasalnya, satu formasi saja tidak bisa dipakai untuk melawan semua tim yang ada. Untuk lebih jelasnya, cari tahu tips main Top Eleven di bawah ini!

Tips Mengatur Formasi Terbaik Top Eleven

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan formasi dalam permainan. Berikut sejumlah pertimbangan dalam menentukan formasi:

1. Gaya manajerial

Menjadi pemenang tidak selalu harus menyerang, loh. Ada kalanya kamu perlu memanfaatkan serangan balik setelah membentuk pertahanan kokoh. Jadi, tentukan gaya bermain tim kamu terlebih dulu sebelum memilih formasi.

2. Pilihan pemain

Sayang rasanya hanya menggunakan satu striker jika kamu sebenarnya punya lima penyerang dalam klub. Dengan kata lain, kamu juga harus menyesuaikan gaya pemain dalam tim. Tidak ada salahnya juga menumpuk banyak gelandang bertahan jika kamu punya SDM-nya.

3. Lawan yang dihadapi

Setiap tim pasti punya gayanya masing-masing. Saat melawan tim kuat, kamu harus mengedepankan penguasaan bola. Pola serangan pun harus dibuat lebih direct ke arah penyerang. Pasalnya, kamu tidak punya banyak kesempatan untuk melakukan serangan.

Di sisi lain, kamu harus menguatkan penyerangan saat melawan tim yang lebih lemah. Buat banyak kesempatan supaya bisa dikonversi menjadi gol.

4. Kondisi di lapangan

Bukan tidak mungkin kamu harus mengganti formasi di tengah pertandingan. Namun, kamu harus hadir dalam pertandingan tersebut supaya bisa melihat kekurangan yang ada. Hal ini pun harus dilakukan secara cepat supaya bisa segera mengubah keadaan.

Rekomendasi Formasi Terbaik Top Eleven 2022

Setelah melihat faktor-faktor di atas, saatnya memilih formasi yang paling tepat untuk tim kamu. Berikut rekomendasi formasi terbaik dalam Top Eleven.

1. Formasi 4-4-2

GK – DL DC DC DR – ML MC MC MR – ST ST

Focus passing Mixed/Direct
Team mentality Normal
Force Counter-Attacks Yes
Pressing Style Normal
Tackling Style Normal
Passing Style Mixed
Marking Style Man-to-Man

Ini adalah formasi paling sederhana dalam sepak bola. Formasi 4-4-2 juga cukup aman saat ingin bermain dengan gaya menyerang maupun bertahan. Kamu hanya butuh sedikit penyesuaian dalam penggunaanya saja.

Kunci dari formasi ini terletak dari dua gelandang tengah yang mematahkan sekaligus menjadi penyalur bola. Selain itu, dua sayap yang kamu pilih juga harus punya skill dribble yang bagus.

2. Formasi 4-3-3

GK – DL DC DC DR – DMC MC MC – ST ST ST

Focus passing Direct/Thru the middle
Team mentality Attacking
Force Counter-Attacks No
Pressing Style High
Tackling Style High
Passing Style Mixed
Marking Style Man-to-Man

Tim yang menggunakan formasi 4-3-3 tentunya mau memaksimalkan serangan. Peran playmaker menjadi sangat penting dalam formasi ini. Playmaker bisa ditempatkan di tengah atau salah satu Wing ST.

Striker yang kamu pilih pun harus memiliki kemampuan one on one scorer. Pasalnya, akan banyak bola yang diarahkan ke dia dari banyak pemain.

3. Formasi 4-2-3-1

Down both flanks
Team mentality Attacking
Force Counter-Attacks No
Pressing Style High
Tackling Style Normal
Passing Style Long
Marking Style Zone

Formasi ini bisa dibilang cukup baik dalam bertahan dan menyerang. Pasalnya, kamu memberikan banyak opsi untuk menyerang dengan menempatkan empat pemain di barisan depan. Di sisi lain, jantung pertahanan juga lebih aman dengan enam pemain yang ditumpuk di sana.

Namun, kamu pun perlu pemain yang atraktif untuk menerapkan formasi ini. Semua pemain depan harus memiliki dribble yang sama baiknya. Selain itu, stamina pemain juga akan diuji di sini.

4. Formasi 4-1-2-1-2

GK – DL DC DC DR – DMC – MC MC – AMC – ST ST

Focus passing Thru the middle
Team mentality Normal
Force Counter-Attacks Yes
Pressing Style High
Tackling Style Hard
Passing Style Short
Marking Style Man-to-Man

Formasi seperti ini juga dikenal dengan formasi Diamond. Tim kamu bisa menguasai lapangan tengah dengan baik lantaran menumpuk empat pemain sekaligus dalam posisi yang berdekatan. Namun, posisi bek sayap harus ambil bagian dalam penyerangan yang kadang bikik pemain jadi cepat lelah.

Kunci dari formasi ini adalah posisi AMC yang harus memiliki skill di atas rata-rata. Pemain ini harus bekerja baik untuk mengolah, mengoper, hingga mencetak gol.

5. Formasi 4-5-1

GK – DL DC DC DR – ML MC MC MC MR – ST

Focus passing Down both flanks
Team mentality Defensive
Force Counter-Attacks Yes
Pressing Style Low
Tackling Style Normal
Passing Style Long
Marking Style Man-to-Man

Formasi ini sangat berguna untuk melakukan serangan balik, khususnya saat melawan tim kuat. Semua pemain harus bekerja ekstra keras dalam bertahan dan mendapatkan bola. Setelah itu, bola harus langsung diberikan kepada pemain depan.

Gaya bermain ini juga bisa digunakan saat kamu sudah dalam keadaan unggul. Formasi bertahan dan menggunakan serangan balik bisa menjaga kemenangan hingga peluit akhir dibunyikan.

Nah, itu dia pilihan formasi yang bagus untuk kamu pakai. Cobalah lebih bijaksana dalam bermain Top Eleven, ya. Kamu juga harus melihat faktor lain untuk menjadi manajer hebat dalam game. Semoga berhasil!

Dilansir Dari: rpp-kputangsel.id