E-book: definisi, penggunaan, fungsi, tujuan, jenis, format

Definisi e-book
Buka baca cepat

E-book adalah buku dalam bentuk digital atau elektronik yang biasanya berisi informasi atau petunjuk / tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, tablet dan smartphone. Bentuk digital dari buku cetak terdiri dari berbagai jenis informasi digital (teks, gambar, audio, video) yang dapat dibuka dengan komputer, tablet, smartphone, atau perangkat lainnya. Sebagai buku digital, buku ini lebih nyaman digunakan dan disimpan, sehingga banyak orang lebih memilih untuk membeli e-book daripada buku cetak.

E-book-definisi-penggunaan-fungsi-tujuan-jenis-format
Keuntungan e-book

Keunggulan dari e-book adalah sebagai berikut:

Mudah dibawa. Banyak buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sedangkan buku dalam format cetak sangat sulit untuk dibawa.
Ukuran fisiknya kecil. Karena eBook memiliki format digital, eBook dapat disimpan dalam media penyimpanan data (hard disk, CD-ROM, DVD) dalam format yang ringkas. Puluhan, bahkan ratusan, buku bisa disimpan dalam bentuk DVD sehingga tidak memakan banyak space (banyak space) seperti juga e-journal.
Tidak lapuk. E-book tidak ketinggalan zaman seperti buku biasa. Format digital eBook dapat bertahan selamanya dengan kualitas yang tidak dapat diubah.
Mudah dikerjakan. Konten eBook dapat dengan mudah dan cepat dilacak dan dicari. Ini sangat berguna bagi orang yang mempelajari sastra.
Bisa digunakan oleh mereka yang tidak bisa membaca. Karena format eBook dapat diproses oleh komputer, konten eBook dapat “dibaca” oleh komputer menggunakan penyintesis text-to-speech. Tentunya masih diperlukan penelitian untuk mengembangkan teknologi membaca yang baik. Selain bagi para tunanetra, bacaan ini juga dapat dimanfaatkan oleh para penyandang tuna aksara. Selain itu, demo huruf kapital juga bisa dilakukan untuk masyarakat yang kesulitan membaca huruf kecil.
Mudah dan murah. Membuat ribuan salinan eBuku bisa jadi tidak mahal, sementara mencetak ribuan buku sangat mahal.
Mudah didistribusikan. Penjualan bisa menggunakan media elektronik seperti internet.
Permudah penyampaian informasi interaktif. Ilustrasi multimedia dapat ditampilkan dalam e-book, seperti animasi, untuk menunjukkan poin yang ingin Anda bicarakan. Buku teks matematika dapat menyajikan ilustrasi dengan cara yang menarik sehingga siswa dapat lebih mudah menangkap pelajaran. Komik bisa menghidupkan pahlawan mereka dengan lebih hidup. Ini mungkin sulit atau mungkin tidak sulit dengan buku konvensional. Keunggulan dan kemudahan yang disebutkan di atas menjadikan eBook sebagai alternatif baru untuk penyebaran teks.
Mudah diterbitkan, diakses, dan disalin

Baca lebih lanjut: Hipotesisnya adalah
Fungsi e-book

Berikut adalah fungsi dari e-book tersebut, yaitu:

Sebagai sarana belajar dan menerima ilmu serta tutorial di bidang tertentu
Diperlukan sebagai media informasi atau tutorial.
Perlindungan informasi yang dikirimkan berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak atau basah dengan buku digital berupa data di komputer yang dilindungi dari masalah tersebut. Jika hilang, pengguna dapat dengan mudah menemukan penggantinya di Internet atau meminta buku dari penulis.
Menjadikan proses pemahaman materi kelas lebih mudah dipahami karena perangkat lunak buku digital memungkinkan guru mencatat materi, mencari kata-kata dalam materi, dan melihat file multimedia untuk memperkaya konteks buku.

Tujuan dari e-book

Berikut adalah tujuan dari e-book tersebut, diantaranya sebagai berikut:
1. Permudah diri Anda untuk menulis buku

E-book adalah solusi bagi mereka yang ingin menerbitkan buku tetapi kesulitan untuk membuatnya. Seperti kita ketahui bersama, proses pembuatan buku cetak cukup lama dan sulit.

Ini tidak terjadi saat kami membuat buku digital. Tentunya format e-book perlu dibuat semenarik mungkin agar bisa didistribusikan atau dijual.

2. Menghemat biaya pembuatan buku

Produksi buku cetak cukup mahal karena peralatan tradisional masih digunakan. Tidak seperti membuat e-book, biayanya hampir tidak ada dan bahkan bisa gratis.
3. Fasilitasi proses penyebaran informasi

Mendistribusikan e-book sangatlah mudah, menggunakan internet dan perangkat elektronik lainnya seperti flashdisk atau hard drive.
4. Fasilitasi proses belajar mengajar

Proses belajar mengajar menjadi mudah dengan e-book

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/